884845.jpg

Tahun ajaran baru datang dan waktu untuk menyambut mahasiswa baru kembali lagi. SIAP atau Inisiasi dan Adaptasi, adalah acara perkenalan kampus dan kegiatan yang ada di dalamnya untuk para mahasiswa baru. SIAP terdiri dari SIAP Fakultas dan SIAP Jurusan, pada kali ini kita akan lebih banyak membahas SIAP Jurusan Matematika. Biasanya SIAP Jurusan dilaksanakan 2 hari berturut-turut dan bertempat di kampus Universitas Katolik Parahyangan. Namun dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan, SIAP Jurusan Matematika tahun ini dilaksanakan secara online lewat aplikasi ZOOM.


SIAP Jurusan Matematika memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya, dan kali ini temanya adalah Pararellograms. Acara utama SIAP Jurusan Matematika diadakan pada Kamis (10/9/2020) dan merupakan acara talk show yang membahas seputar Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika atau disingkat HMPSMa. Acara ini mengundang Gezia Heptania selaku Ketua HMPSMa, Felix selaku Wakil Ketua I HMPSMa, dan Andi Putera selaku Wakil Ketua II HMPSMa sebagai narasumber.

Pada hari kedua, Sabtu (12/9/2020), mahasiswa baru diperkenalkan dengan beberapa program kerja besar yang ada di Jurusan Matematika. Program kerja itu di antara lain adalah Kompetisi Matematika (KOMAT) dan Math Gathering (MG). Selain itu mahasiswa baru diajak untuk membuat video secara berkelompok.

Hari terakhir dari SIAP Jurusan Matematika, Sabtu (19/09/2020), para mahasiswa baru diberi informasi seputar perkuliahan dan aplikasi yang mendukung perkuliahan online. Selain itu diadakan kuis untuk menguji pengertian para mahasiswa baru. Kemudian ada juga lomba untuk membuat video perorangan bagi mahasiswa baru. Terakhir, sebagai penutup acara pemenang dari video berkelompok, video perorangan dan kuis diumumkan. Pemenang dari video berkelompok dapat dilihat di akun instagram SIAP Jurusan Matematika 2020, yaitu @siapmat20.

Welcome, Class of 2020!